Sabtu, 07 September 2013

Spesifikasi Komputer Untuk Design Grafis

 
Spesifikasi apa sih yang cocok untuk design grafis 3D??
Banyak yang bertanya tentang hal tersebut terutama mencari di forum, namun sebagian besar jawabannya adalah sebuah pilihan yang tentunya akan membuat anda berpikir lagi untuk menentukan.
Disini kami akan memberikan spesifikasi serta alasan dipilihnya perangkat tersebut sebagai pilihan bagi anda yang sedang mencari spesifikasi komputer untuk design 3D.

1. Processor 
   

Untuk design grafis yang perlu diperhatikan adalah Processornya, karena tentu perlu pertimbangan mengenai jumlah core yang dibutuhkan, untuk kelas Low-End anda bisa menggunakan Intel Core i3 dengan kisaran harga Rp. 1,3 Jutaan, untuk Kelas Mid-End anda bisa menggunakan Intel Core i5 dengan kisaran harga Rp. 2-2,4 Jutaan, dan untuk kelas High-End anda bisa menggunakan Processor Intel terbaru yaitu Intel Core i7 dengan kisaran harga Rp. 3,3-12 Jutaan tergantung jumlah Core-nya.

2. VGA Card
 VGA Card, hal yang sangat penting demi kualitas dari sebuah tampilan pada layar monitor, hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil dari design, karena tentunya anda tidak mau kan saat anda mendesain ternyata tampilan pada layar monitor pecah - pecah dan warna yang dihasilkan tidak sesuai?
VGA Card yang direkomendasikan ada 2 pabrikan yaitu dari Nvidia dan AMD, Nvidia dengan Quadro Seriesnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sementara AMD dengan FirePro Seriesnya.
Lebih lengkap mengenai VGA Card silahkan baca Rekomendasi VGA Card untuk Design Grafis
3. RAM
Yup RAM juga perlu diperhatikan demi lancarnya performa terutama design grafis 3D, minimal RAM yang disarankan adalah 4GB, terserah mau pake merk apa aja, jika ada pilihan RAM 4GB satu atau RAM 2GB dua buah maka pilihlah yang RAM 4GB satu buah. Namun jika anda ingin performa yang benar benar menjanjikan maka gunakanlah RAM dengan kapasitas 8GB, dijamin komputer bakal ngacir cir....


4.Monitor
 Monitor kita merekomendasikan untuk menggunakan jenis LCD, bukan LED, karena kualitas warna dari LCD lebih baik ketimbang LED, apalagi jika anda menggunakan monitor jenis CRT, itu memiliki kualitas warna yang stabil dan baik. Jika anda menggunakan LCD maka pilihlah yang tipe Wide Screen agar anda lebih leluasa dalam melihat Hasil kerja anda. Untuk merk dan ukuran silahkan sesuaikan dengan budget anda.




5.Mouse
 Mouse pada design grafis tentu sama fungsinya dengan tangan anda, karena mouse inilah yang tentunya akan menggambarkan apa yang ada dalam pikiran anda, gunakanlah mouse dengan tipe High DPI, yup kekuatan optical mouse, semakin tinggi DPI maka semakin presisi dan tepat serta akurat pula gerakan pointer mouse, selain itu perhatikan pula desain bentuk mouse, pastikan nyaman di genggaman anda, jangan hanya karena model bagus tapi kenyamanan kurang, mouse untuk gaming bisa menjadi rekomendasi bagi anda, dengan kisaran harga mulai Rp. 100 ribuan hingga 250 ribuan sudah dirasa cukup untuk design.
6.Mousepad
 Mousepad, jangan meremehkan fungsi dari benda yang satu ini. Pemilihan material yang tepat dan struktur yang nyaman dari sebuah mousepad akan meningkatkan kinerja optical mouse, semakin presisi semakin akurat dan semakin memuaskan. Mousepad dari gaming series bisa menjadi rekomendasi bagi anda, dengan kisaran harga mulai dari Rp. 70 ribuan hingga Rp. 200 ribuan sudah cukup untuk design.


7.Harddisk
 Harddisk, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget tentunya, anda bisa menggunakan ukuran berapa saja tapi minimal anda bisa menggunakan 250GB, dan yang perlu diperhatikan adalah kecepatannya. Gunakan harddisk dengan kecepatan 7200rpm ke atas, jangan sampai menggunakan dibawahnya karena tentunya akan mengurangi performa. Untuk merk dan ukuran silahkan sesuaikan dengan budget anda.



8.Casing

Jangan dikiranya barang ini tidak penting, pemilihan casing CPU tentu perlu diperhatikan apalagi dengan spesifikasi diatas tadi, perlu suplai udara segar yang lancar agar mesin tetap dalam performa terbaiknya. Perhatikan susunan dalam casing, pastikan gunakan jenis tingkat agar flow udara bisa mengalir ke semua bagian, perhatikan juga jumlah fan yang akan digunakan, yang jelas pastikan bahwa CPU stabil suhunya. Untuk merk bisa anda sesuaikan dengan budget anda.




9.Power Supply
Yang satu ini sangat penting terutama suplai listrik ke Processor melalui motherboard, daya minimal yang bisa kami rekomendasikan adalah 500 Watt, tergantung jenis Processor, namun anda juga bisa menambahkan menjadi 800 Watt agar lebih aman. Untuk merk dan kapasitas bisa anda sesuaikan dengan budget anda, anda tinggal pilih mau harga murah namun kualitas kurang atau harga sedikit mahal namun berkualitas, sesuaikan saja dengan budget anda agar tidak meledak !



10.Motherboard
Untuk motherboard silahkan menyesuaikan dengan Processor yang digunakan, untuk merk rekomendasi anda bisa menggunakan merk gigabyte, untuk merk yang lain silahkan sesuaikan kembali dengan budget anda.





Demikian Posting kali ini mengenai Spesifikasi Komputer Untuk Design Grafis, mudah - mudahan bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari Spesifikasi Komputer Untuk Design Grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar